Media & Articles

Program “Jumat Bersepeda”

Sejak Jumat, 11 Oktober 2013 pagi, sebagian lahan di Plaza Balai Kota Bandung tertutup untuk dilalui kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Hanya sepeda yang boleh melintas dan parkir sehubungan dengan program “Jumat Bersepeda” mulai dari Gedung BKD, depan ruang tengah, Gedung DPKAD, hingga Gedung Disyanjak.


Di depan Gedung BKD dan Gedung Disyanjak, bahkan tertera banner bertuliskan “Kecuali hari Jumat hanya dipergunakan untuk sepeda saja”, dan dijaga oleh masing-masing seorang Satpam. Sterilisasi tersebut rencananya akan dilakukan setiap Jumat.

Ridwan Kamil mengaku tidak bisa memaksa PNS di lingkungan Pemkot Bandung untuk bersepeda. “Saya akan memberi penghargaan kepada mereka yang berpartisipasi dalam Jumat Bersepeda, tapi tidak akan memberikan hukuman kepada yang tidak,” kata Ridwan, ketika ditemui di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Jumat (11/10/2013) siang.

Ridwan mengatakan, ajakan bersepeda merupakan hal yang bersifat fisikal, sehingga tidak bisa dipaksakan. “Dari awal juga tidak berharap ini akan langsung dilakukan dalam skala masif. Ini adalah contoh kegiatan yang evolusinya bertahap,” ucapnya.

Meskipun demikian, Ridwan mengatakan bahwa saat memantau linimasa, dirinya melihat sudah mulai banyak warga dan karyawan yang tergerak untuk bersepeda ke tempat aktivitas. “Saya kan juga tidak berharap akan ngabring-ngabring, karena ini bukan fun bike, tergantung kesadaran saja,” ujarnya

Ready to start your journey?

Book for a Test Ride Now