Media & Articles

Pemasangan E Bike Conversion Kit

Pertanyaan yang sering kita dengar dari pelanggan kita adalah: Apakah mereka bisa memasang sendiri perangkat E Bike Conversion Kit (ebike kit) ke sepeda yang sudah ada. Jawaban kami adalah bisa, karena konsep awal dari perangkat ini yaitu memudahkan berbagai macam kalangan untuk bisa mengaplikasikan ke dalam sepeda mereka di rumah (Do it Your own)

Apakah mudah? Bagi kami tentunya mudah karena kami telah memasang ratusan ebike kit ke dalam berbagai macam sepeda. Untuk yang akan melakukan pertama kali sebenarrnya juga tidak terlalu sulit, dengan peralatan sepeda standar pun bisa di lakukan. Akan tetapi untuk beberapa proses memang harus di lakukan oleh orang yang mempunyai keahlian. Misal saja pemasangan hub motor, pada bagian ini kita menjahit hub motor baik untuk roda depan atau belakang menjadi sebuah wheel set. Dengan alasan keamanan dan kenyamanan, perakitan roda ini harus di lakukan dengan benar. Nah atas alasan ini kita menyarankan tahap in di bawa saja ke bengkel sepeda atau bengkel motor yang biasa melakukan penyetelan pelk.

Apabila memasang hub motor menjadi wheel set ini telah di lakukan dengan benar, bisa di katakan kalo setengah permasalahan sudah di selesaikan.

Kemudian penempatan baterai, umumnya baterai di pasang di dudukan rak belakang untuk model baterai rak, dan di tempat botol minum di down tube untuk tipe baterai tabung atau tube. Permasalahan rak paling sering yaitu tidak ada dudukan rak. Kalo tidak ada dudukan rak di seat stay masih bisa menggunakan seat clamp, akan tetapi apabila tidak ada dudukan rak di drop out, sebaiknya pilih baterai tipe lain atau cari sepeda yang memang di rancang untuk bisa dipasang kan rak belakang. Untuk baterai tipe tabung atau tube, masalah yang sering terjadi adalah jarak antara top tube dan down tube yang terlalu sempit. untuk tipe baterai tube memang baiknya menggunakan rangka sepeda dengan ukuran minimal 17″. Ukuran ini sangat mudah memasang baterai tube, dan baterai juga sangat mudah di pasang atau lepas.

Hub motor dan baterai merupakan dua komponen terbesar. Langkah berikutnya adalah menyambung kan komponen seperti controller, pedal assist sensor (PAS), electric brakes, throttle (gas), display dan kabel yang menyambungkan keseluruhan komponen.

Layar (LCD/LED) dan throttle di pasang di handle bar, dan PAS di pasangkan di bottom bracket. Penempatan controller untuk baterai tipe rak bisa di lakukan di dalam housing baterai tersebut, apabila ukuran controller tidak memungkinkan maka controller harus di tempatkan dalam sebuah tas yang umumnya menggunakan tas sadel.

Penyambungan kabel-kabel umumnya mengikuti warna masing-masing kabel, merah ketemu merah, biru dengan biru dan seterusnya. Penempatan kabel atas keseluruhan komponen tadi tinggal mengikuti bentuk rangka sepeda.

Ready to start your journey?

Book for a Test Ride Now